Kamis, 09 Maret 2017

Perkembangan E_Commerce di bidang Agribisnis



Perkembangan E_Commerce di bidang Agribisnis

Kenyataan bahwa lapangan kerja bidang pertanian di Indonesia menyerap sebanyak 58.3% (1998) dari seluruh tenaga kerja. Begitu banyak yang menggantungkan diri pada lapangan pertanian ini. Begitu juga dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang cepat yang telah membawa pengaruh ke hampir semua bidang kehidupan termasuk bidang pertanian. Adapun teknologi informasi dan komunikasi yang sedang berkembang pesat pada saat ini adalah e-commerce.
E-commerce atau e-dagang (bahasa inggris: Electronic commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.jaringan komputer E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini. E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.Amerika Serikat
E-commerce telah membantu masyarakat di seluruh dunia dalam banyak hal. Dalam bidang pertanian, e-commerce telah membantu secara tidak langsung dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendorong proses pemberdayaan komunitas petani. Walaupun kemajuan teknologi tersebut tidak dapat dinikmati sepenuhnya langsung oleh para pekerja di lapangan pertanian, terutama para petani yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia karena disebabkan tidak ada atau kurangnya perangkat dan jalur komunikasi yang khusus, seperti computer dan jaringan internet, tetapi jika dilihat dalam kacamata agribisnis hal ini dapat dilacak. Karena agribisnis sendiri adalah bisnis di bidang pertanian yang proses kerjanya merupakan kesatuan sistem dari penyediaan sarana produksi, kegiatan on farm (produksi primer), pengolahan produksi (produksi sekunder), jasa dan pemasaran (produksi tarsier) sampai pihak konsumen. Dengan e-commerce kita juga dapat mengetahui gambaran mengenai jaringan perdagangan elektronik yang paling sesuai dalam memperdayakan komunitas petani, serta merumuskan satu model pemberdayaan komunitas petani.
Pemanfaatan e-commerce yang banyak digunakan orang lain sebagai media promosi, komunikasi, dan informasi sangat berpengaruh pada keefektifan dan keefisienan proses kerja, jika secara intens dan maksimal dilakukan. Manfaat yang dirasakan oleh para pelaku bisnis secara langsung dan tidak langsung memberi pengaruh positif pada komunitas petani yang terkait, terutama dari semakin luasnya jalur pemasaran pelaku bisnis yang meningkatkan permintaan produksi dan memacu pengadaan produksi di kalangan komunitas petani, dimana selalu diharapkan untuk meningkatkan produksi dengan standar kualitas yang ditentukan. Dengan lebih terpacunya kegiatan pengadaan, kesempatan untuk meningkatkan taraf hidup para petani dan keluarganya terbuka lebar. Perumusan model pemberdayaan pada komunitas petani merupakan program kemitraan dengan kerjasama dalam bidang usaha yang melibatkan tiga unsur, yaitu : komunitas/ kelompok tani sebagai pemasok bahan baku dan penerima modal usaha, perusahaan agribisnis sebagai pembeli produksi kelompok tani dan penjamin kredit (avalist), dan pihak bank sebagai pemberi modal dalam bentuk kredit.

SEMOGA BERMANFAAT :) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar